Tips Menjadi Produktif di Masa Pandemi


Perkuliahan daring kini diterapkan sebagai langkah pencegahan virus corona membawa peluang dan kesempatan besar bagi mahasiswa. Dengan sistem pendidikan daring dan segala aktivitas yang berpusat di rumah, mahasiswa mempunyai fleksibilitas waktu yang tinggi, termasuk waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri.

Meski begitu, peluang tersebut dapat berbalik menjadi bumerang yang justru membuat kita bermalas-malasan dan tidak produktif. Karenanya, kita harus selalu mawas diri dan menjaga motivasi sehari-hari melalui berbagai kegiatan pembelajaran, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

Selama masa Pandemi, kita memang memiliki keterbatasan untuk melakukan segala aktivitas. Kebanyakan orang yang berada di rumah justru menjadikan waktu luang yang panjang sebagai waktu untuk bermalas-malasan. Padahal sebenarnya banyak hal yang mendukung kita untuk menjadi orang yang lebih produktif di masa Pandemi ini. Lantas apa saja hal yang bisa kita lakukan di masa sekarang ini?

1. Belajar


Kegiatan ini adalah salah satu kewajiban kita pada saat pandemi corona ini. Walaupun kita di rumah saja, tetapi tidak ada salahnya untuk belajar. Banyak cara kita untuk belajar di rumah seperti membaca buku, belajar online dan masih banyak lagi, karena jika bisa memanfaatkan pandemi ini dengan baik dan bijak maka setelah pandemi ini selesai hal-hal yang positif yang kita lakukan pada saat pandemi akan berguna suatu saat nanti kedepannya.

2. Mengasah Minat dan Kemampuan


Menjadi mahasiswa yang serba bisa adalah bekal yang tepat untuk mendukung pekerjaan di masa depan. Karena itu, manfaatkanlah waktu ini untuk mengembangkan kemampuan pada bidang yang kamu minati.

Misalnya, hobi kamu menulis. Jadi kamu bisa mengungkapkan hasil tulisanmu, balik itu dalam bentuk artikel, essay, atau bisa juga dengan menulis Wattpad, menulis cerpen, menulis novel, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa keluar dari zona nyaman dan mulai mempelajari kemampuan baru serta hobi baru yang mungkin bisa menjadi sumber keuangan untuk membantu kamu di masa Pandemi ini.

3. Mencari Kesempatan Magang dan Pekerjaan Sampingan


Untuk mengurangi rasa bosan ketika berada di rumah selama masa Pandemi ini, carilah kesempatan magang atau pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan sesuai minat dan kemampuanmu.

Misalnya, sebagai mahasiswa yang hobi menulis, kamu dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai copywriter, penulis artikel, atau penerjemah. Atau, sebagai mahasiswa Manajemen Kuliner, kamu dapat mulai membangun bisnis kecil-kecilan yang bergerak pada bidang makanan dan minuman.

4. Mengikuti Seminar Daring atau Diskusi Online


Popularitas seminar daring atau webinar menjadi kian marak pasca merebaknya virus corona secara global. Berbagai komunitas dan perusahaan pun berupaya untuk menghadirkan webinar dengan berbagai topik, mulai dari finansial, pengembangan diri, politik, hingga kesehatan.

Dengan mengikut webinar, kamu akan memeroleh sejumlah kemudahan, seperti hemat waktu, tenaga, dan biaya. Selain itu, kamu pun dapat memperluas wawasan pada bidang profesional, terhubung dengan banyak orang, dan berkesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber yang kompeten.

 5. Aktif Bergerak


Kegiatan olahraga dapat menjadi alternatif untuk mengusir kejenuhan saat harus menghabiskan waktu di rumah. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, imunitas tubuh, hingga kesehatan mentalmu. Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu minimal 10 menit setiap hari untuk berolahraga, seperti jalan cepat, lari, bersepeda, atau senam.

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam masa pandemi ini. Ketimbang menjadi kaum rebahan, yuk kita bangkit menjadi mahasiswa produktif dan kreatif yang selalu berkembang.

Komentar

  1. Udah bosan za
    Malah itu mulu yg dikerjain
    Wkwkwkkk
    Tapi bukan berarti gk boleh dicoba ya
    Itu semuaa wajib coba kok😁🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo begitu coba keluar dari zona nyaman.

      Dalam kata lain, coba cari hal yang belum pernah kamu lakuin untuk kamu kembangin. Misalnya jadi konten kreator. Atau disela-sela KKL kita buka usaha kecil yang bisa bantu untuk menambah isi kantong untuk belajar daring

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Moderasi Beragama dalam Pendidikan Indonesia

Syarat Melakukan Aktivitas Fisik di Luar Rumah Dengan Aman

Relasi Agama : Manfaat Agama untuk Kesehatan Dunia Akhirat